Komunikasi Dalam Bisnis.

Komunikasi Dalam Bisnis.



     Antara komunikasi dengan usaha atau bisnis memiliki sebuah keterkaitan yang sangat saling mendukung, mengapa ? Karena adanya kegiatan produksi di keduanya. Hal ini dapat dikatakan karena, pada dasarnya di dalam komunikasi memproduksi informasi sedangkan usaha atau bisnis memproduksi barang atau jasa. Selain itu di dalam komunikasi ada yang di sebut sebagai komunikan atau seseorang ataupun beberapa orang yang menerima informasi, seperti audiance. Sedangkan di dalam usaha atau bisnis di sebut klien. Sehingga di dalam keduanya memiliki beragam kendala serta reaksi yang berbeda anatara satu dengan yang lainnya. Maka komunikasi dengan usaha atau bisnis adalah sebuah dua bidang yang dapat berkolaborasi karena adanya sebuah keterkaitan serta peranannya yang sangat penting di dalamnya. Karena tidak ada seorang pun dalam kesehariannya tanpa berkomunikasi dan usaha.
     Oleh karena itu komunikasi bisnis adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yang mencakup berbagai macam bentuk komunikasi baik komunikasi verbal maupun nonverbal. Merupakan suatu proses pertukaran pesan atau informasi untuk mencapai efektivitas dan efisiensi produk kerja di dalam struktur dan sistem organisasi yang ada. Dalam kegiatan komunikasi bisnis, pesan hendaknya tidak hanya sekedar informatif tetapi juga haruslah persuasif, supaya pihak lain bersedia menerima suatu paham atau keyakinan atau melakukan suatu perbuatan atau kegiatan.
     Komunikasi bisnis sangatlah diperlukan bagi setiap usaha dalam mencapai tujuanya. Tentu saja untuk mencapai tujuan tersebut komunikasi yang dilakukan haruslah secara efektif antara pimpinan maupun bawahannya. Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin maju, menjadi seorang pemimpin perusahaan atau organisasi dituntut untuk mampu berkomunikasi baik di dalam maupun di luar untuk mempromosikan produk maupun jasanya kepada konsumen. Oleh karena itu, komunikasi dalam berbisnis sangatlah dibutuhkan. Manfaat komunikasi bisnis terdiri dari beberapa hal, yakni fungsi informatif, fungsi kontrol, fungsi persuasif atau motivatif, dan fungsi emotif.
     Fungsi informatif, yakni fungsi yang memberikan berbagai pilihan maupun mengubah suatu keadaan bisnis, serta dalam membuat suatu keputusan. Kemudian fungsi komunikasi bisnis selanjutnya yaitu fungsi kontrol. Fungsi ini diharapkan dapat mengendalikan dan mengawasi, yakni dengan cara menyediakan saluran feedback pada setiap kegiatan tersebut, baik secara individual maupun organisasional. Fungsi lainnya yakni fungsi persuasif atau motivatif. Dengan adanya fungsi ini diharapkan dapat memberikan pengaruh positif pada orang lain melalui sebuah treatment tertentu supaya orang lain dapat menerima dan bertindak sesuai yang diharapkan. Dan fungsi yang terakhir yaitu fungsi emotif. Fungsi ini sebagai suatu alat atau cara dalam mengekspresikan emosi yang ditujukan pada penerimaan inti gagasan atau ide yang disampaikan.
     Selain fungsi dari komunikasi bisnis, adapula ruang lingkup komunikasi bisnis yaitu. Adanya komunikasi internal, komunikasi ini berlangsung pada cakupan organisasi atau perusahaan yang terjadi di antara organisasi atau perusahaan tersebut. Komunikasi internal dibagi menjadi tiga jenis, yaitu komunikasi vertikal yang terjadi antara atasan dan bawahan, kemudian komunikasi horizontal yakni orang yang memiliki jabatan yang sejajar, dan komunikasi diagonal yaitu orang yang memiliki jabatan yang berbeda pada posisi yang tidak sejajar vertikal. Kemudian ruang lingkup komunikasi bisnis yang kedua yaitu komunikasi eksternal, yakni komunikasi yang terjadi antara organisasi atau perusahaan dan pihak luar organisasi atau perusahaan seperti masyarakat. Komunikasi ini dapat terjadi melalui beberapa hal, seperti adanya pameran, promosi di radio, Tv, publikasi, konferensi pers,serta program dari CSR (Corporate Social Responsibilitycorporat).
     Dengan demikian di dalam kehidupan, komunikasi sangatlah penting untuk dilakukan serta akan lebih penting dan terasa manfaatnya jika salah satunya dilakukan di dalam dunia bisnis. Sehingga fungsi dari komunikasi bisnis serta peran dan ruang lingkup yang ada di tadi dapat menjadi sebuah acuan ataupun wawasan bahkan gambaran di dalam melakukan usaha.


Comments