Etika Komunikasi.
Etika Komunikasi.
Dalam KBBI, etika merupakan ilmu pengetahuan tentang asas-asas akhlak. Etika dibedakan dalam tiga
pengertian pokok, yaitu ilmu tentang apa yang baik dan kewajiban moral,
kumpulan asas atau nilai yang berkenaan dengan aklhak, dan nilai mengenai benar
dan salah yang dianut suatu golongan atau masyarakat.
Etika berasal
dari bahasa yunani yaitu ethos yang berarti karakter, watak kesusilaan
atau adat kebiasaan, di mana etika berhubungan erat dengan konsep individu atau
kelompok sebagai alat penilai kebenaran atau evaluasi terhadap sesuatu yang
telah dilakukan. Etika mempunyai
pengertian yang cukup dekat dengan moral.
Moral dari bahasa latin mos jamaknya
mores berarti kebiasaan, adat. Jadi kata moral dan etika keduanya
berasal dari kata yang berarti adat kebiasaan. Arti kata etika berbeda sekali dengan etiket. Etika berarti moral sedang
etiket berarti sopan-santun.
Persamaan antara keduanya yakni berkaitan tentang perilaku dari manusia. Secara keseluruhan
etika dan etiket, mengatur kehidupan manusia secara normatif. Artinya memberi
norma bagi perilaku manusia, dan menyatakan apa yang harus dilakukan atau tidak
boleh dilakukan. Namun keduanya juga memiliki perbedaan yakni, etiket
menyangkut suatu cara atau sikap perbuatan dilakukan oleh manusia. Sedangkan etika
tidak terbatas pada cara dilakukannya suatu perbuatan. Etika memberi norma pada
perbuatan itu sendiri. Norma etis tidak terbatas pada cara perbuatan dilakukan,
melainkan menyangkut perbuatan itu sendiri. Etiket hanya berlaku dalam
pergaulan, sedangkan etika tidak tergantung pada hadir tidaknya orang lain.
Unsur-unsur pokok etika adalah kebebasan, tanggung jawab, hati nurani,
dan prinsip-prinsip moral dasar. Kebebasan adalah unsur pokok dan utama dalam
wacana etika. Dengan mengandalkan kebebasan, etika menjadi bersifat rasional.
Kebebasan ini maksudnya adalah kebebasan manusia untuk menentukan dirinya
sendiri. Kemudian, tanggung jawab adalah kemampuan individu untuk menjawab segala pertanyaan yang mungkin timbul dari tindakan-tindakan.
Pertanggung jawaban adalah
situasi disebabkannya orang menjadi penyebab bebas. Hati nurani adalah penghayatan tentang nilai baik atau buruk berhubungan
dengan situasi konkret. Hati nurani
berhubungan dengan kesadaran. Kesadaran adalah kesanggupan manusia untuk
mengenali dirinya sendiri. Selanjutnya, prinsip kesadaran moral adalah beberapa
tataran perlu diketahui untuk memosisikan tindakan individu dalam kerangka
nilai moral tertentu. Perinsip-prinsip itu adalah sikap baik, keadilan, dan
hirmat kepada diri sendiri serta orang lain. Berikut contohnya :
Ketika
berada di kantor secara mutlak ada hubungan komunikasi antara satu sama
lainnya, maka dibutuhkannya komunikasi kantor. Artinya yakni penyampaian warta
yang mengandung macam-macam keterangan dalam bidang tata usaha dari seseorang
kepada orang lain yang terjadi dalam lingkungan suatu kantor. Pada dasarnya
komunikasi kantor dapat berlangsung secara lisan maupun tertulis. Secara lisan,
dapat terjadi secara langsung seperti tatap muka tanpa melalui perantara
kecuali video call, karena menggunakan media sebagai salurannya. Sedangkan secara
tidak langsug berarti melalui suatu perantara. Selain itu komunikasi kantor
merupakan hubungan antara pegawai dengan pegawai lainnya. Etika merupaka syarat
mutlak dalam hubungan antar pagawai. Oleh karena itu, setiap pegawai kantor
dalam menjalankan tata hubungan kantor harus mempunyai kesusilaan dan budi
pekerti yang baik kesopanan dalam segala segi kehidupan dan tindakannya. Etika menjadi atau pedoman bagi pegawai dalam
berhubungan atau dalam berkomunikasi. Maka, etika
kepegawaian atau etika jabatan merupakan norma-norma, nilai-nilai serta kaidah
sebagai ukuran yang diterima dan di taati oleh pegawai berupa peraturan atau
ha-hal yang sudah merupakan kebiasaan baik yang sudah diketahui dan dianggap mengerti
untuk dilaksanakannya.
Selain di kantor ada pula perspektif di
dalam etika komunikasi yang ada, seperti halnya berikut ini :
- Perspektif sifat manusia. Tindakan manusia yang manusiawi berasal dari rasionalitas yang sadar atas apa yang dilakukan dan dengan bebas untuk memilih melakukannya.
- Perspektif dialogis. Sikap dialogal adalah sikap setiap pertisipan komunikasi yang ditandai oleh kualitas keutamaan, seperti keterbukaan, kejujuran, kerukunan, intensitas, dan lain-lain.
- Perspektif situasional. Etika memperhatikan peran komunikator, standar khalayak, derajat kesadaran, tujuan, dan nilai khalayak, standar khalayak untuk komunikasi etis.
- Perspektif religious. Pedekatan alkitabiah dalam agama membantu manusia untuk menemukan pedoman yang kurang lebih pasti dalam tinfakan manusia.
- Perspektif utilitarian. Cara dan tujuan komuniaksi dapat dilihat dari adanya kegunaan, kesenangan, dan kegembiraan.
- Perspektif legal. Perilaku komunikasi yang legal, sangat disesuaikan dengan peraturan yang berlaku dan dianggap sebagai perilaku etis.
Selain dari berbagai perspektif yang ada, berikut beberapa contoh dalam etika dan etiket berkomunikasi antar manusia yang sebaiknya di lakukan dalam kehidupan bermasyarakat ataupun bersosialisasi bahkan di dalam pekerjaan antar sesama. Utama dan penting yakni kejujuran, hal ini berkaitan tentang apa, bagaimana, siapa dan apa yang di katakan, serta apa yang di perbuat, dan apa yang terjadi. Sehingga di dalam etika berkomunikasi dengan antar sesama tidak menjadi sebuah kebohongan semata namun hendaknya di dasarkan dengan fakta yang ada. Setelah itu dibutuhkan sikap dewasa di dalam bersikap. Sehingga tidak kekanak-kanakan di dalam mensikapi sebuah situasi ataupun keadaan yang ada.
Selanjutnya yakni ketika memanggil seseorang yang sudah kita kenal secara akrab maupun yang belum di kenal, hendaknya memanggil dengan sebutan yang baik karena di sini sikap untuk menghargai merupakan penilaian terhadap diri kita di khalayak masyarakat. Kontrol emosi, menggunakan bahasa atau perkataa yang baik serta ramah dan sopan dalam bermasayarakat merupakan tindakan yang wajib untuk dilakukan. Setelah itu konsisten sebagai tanggung jawan atas dampak serta akibat apa yang kita perbuat sehingga tidak lempar batu sembunyi tangan. singkat kata dan singkat cerita etika komunikasi bila di artika ke dalam kehidupan kita sehari-hari. dengan istilah yang sering kita dengar dan kita laksanakan setiap hari dan setiap saat, yaitu tata krama sopan santun dengan siapa saja, kapan saja dan dimana saja yang terutama ketika berkomunikasi dengan sesama.
Daftar Sumber Kutipan Dan Inspirasi :
Google / Etika / Adat istiadat / Hubungan Dalam
Pekerjaan,
KBBI online.
WikiPedia / Komunikasi / Relasi Pekerjaan.
Catatan Keseharian.
Baca Juga menggenai Tentang Publc Speaking, Tentang Seorang PR, Informasi Dalam Organisasi, Perusahaan Dan Pemimpin, Efektivitas Presentasi
Comments
Post a Comment