TENTANG SEORANG PR ?.

Tentang Seorang PR.

      Di setiap dari sebuah organisasi ataupun perusahaan, sangat penting dan sangat berharga serta sangat di butuhkan adanya PR, kenapa ?. Public Relation atau Humas adalah proses interaksi dimana perusahaan ataupun organsasi, dengan tujuan untuk menciptakan opini publik sebagai sarana yang dibutuhkan untuk menanamkan pengertian, menumbuhkan motivasi serta partisipasi publik agar terciptanya kepercayaan untuk saling pengertian, dan citra yang baik dari publik atau dengan kata lain good relation. Dengan usaha yang direncanakan secara teratur dan berkala guna membangun dan mempertahankan hubungan timbal balik antara organisasi ataupun perusahaan dengan masyarakat. Pendapat ini menunjukkan bahwa public relation dianggap sebuah proses atau aktivitas yang bertujuan untuk menjalin komunikasi antara organisasi dengan pihak luar organisasi.

     Cara kerja dari PR yaitu, untuk mempromosikan atau melindungi citra lembaga. Dengan Publisitas sebagai sarana komunikasinya. Karena awal terbentuknya diawali oleh publicity. Sehingga publicity merupakan cara yang sangat tangguh dan kuat dalam membuat opini umum kepada situasi yang diinginkan. Opini digunakan untuk memperbaiki, mengarahkan, dan membimbing persepsi yang diinginkan sesuai dengan rencananya. Secara struktural, PR merupakan bagian dari suatu kelembagaan atau organisasi. artinya PR bukanlah merupakan fungsi terpisah dari fungsi kelembagaan atau organisasi tersebut. Sejalan dengan konsep PR yang berkembang kini adalah konsep yang menekankan pentingnya komunikasi dua arah.

     Dalam singkat kata PR ada serta berfungsi untuk menunjang kegiatan manajemen dalam organisasi ataupun perusahaan dalam mencapai tujuan. Menciptakan komunikasi dua arah secara timbal balik dengan menyebarkan informasi dari perusahaan kepada publik, serta menyalurkan opini publik pada perusahaan dan menjadi bagian dari proses pengambilan keputusan dalam sebuah manajemen. Memberikan masukan informasi kepada pimpinan untuk kepentingan umum. Berdasarkan apa yang terjadi di masyarakat, serta dalam menyusun kebijakan yang efektif harus didasarkan pada kebijakan yang sesungguhnya serta memperlihatkan sebuah kinerja yang bertanggung jawab. Membina hubungan secara harmonis antara organisasi dengan publik, secara internal maupun eksternal yang terorganisir rapi atau terencana dengan adanya pertukaran komunikasi.

     Jika di singkat lebih dalam, maka seorang PR atau Humas harus dan yakin dengan apa yang di ketahuinya dan apa yang di kerjakannya serta apa yang di butuhkan, maka Knowing Your Audience jawabannya.

Comments