KOMUNIKASI
Tujuan dari komunikasi yakni:
1.membangun/menciptakan, pemahaman/pengertian bersama
2.saling memahami namun tidak harus mensetujui sebuah pemahaman
Fungsi komunikasi:
Menyampaikan informasi (to inform)
Memberitahukan
atau menerangkan informasi yang belum diketahui individu maupun
masyarakat terhadap apa yang terjadi kepada seseorang ataupun publik,
sehingga informasi yang diberikan dapat menambah pengetahuan dan
wawasan. Misalnya: Media massa, memberitakan kejadian yang beru saja
terjadi yang dimuat didalam media ctak maupun electronik
Mendidik (to educate)
memberikan
pendidikan dan pengetahuan yang bermanfaat sehingga mendorong
pembentukan pendidikan serta kemahiran yang diperlukan pada semua bidang
kehidupan Misalnya: seorang guru mendidik murid
Membujuk (to persuade)
Membujuk
untuk meyakinkan tentang semua informasi yang diberikannya sehingga
benar-benar mengetahui situasi yang terjadi di lingkungannnya
Misalnya:
Iklan TV yang mengiklankan produk , dengan gaya persuasinya membujuk
atau mempengaruhi pemirsanya untuk menggunakan produk tersebut
Menghibur (to entertaint)
memberikan
hiburan atau kesenangan, masyarakat memperoleh selingan dari kejenuhan
yang dialaminya karena kejenuhan yang dikarenakan pekerjaan, pergaulan
maupun yang dialami dalam kehidupan sehari-hari.
Misalnya: Musik, Komedi, Tari, Olah Raga
Komponen-komponen komunikasi
a. Komunikator/Penyampai pesan/Sumber/Source
komunikasi
berasal dari sumber, yang dapat Berupa perorangan , jika dalam
komunikasi individual atau antar perorangan, atau seorang dengan
beberapa orang Suatu lembaga atau organisasi, atau orang yang
dilembagakan (komunikasi dengan media massa)
b. Pesan/Message
Unsur
pesan meliputi semua materi atau isi yang dikomunikasikan antara
pihak-pihak yang terlibat dalam proses komunikasi, baik yang disampaikan
secara verbal
maupun non verbal baik secara langsung maupun tidak langsung Pesan dapat berupa:
• pesan verbal misalnya: bahasa atau kata-kata lisan atau tertulis
• pesan non verbal misalnya: isyarat, gambar, warna
• pesan paralinguistik misalnya: kualitas suara, tekanan
suara(tinggi rendah nada bicara), kecepatan suara, vokalisasi
c. Saluran/Media/Channel
saluran
merupakan sarana tempat pesan yang disampaikan sehingga bisa diterima
dan dimaknai oleh komunikan. Misalnya: media massa (surat kabar,
majalah,televisi, radio.) telepon, surat,
d. Komunikan/Penerima pesan/Receiver
Unsur penerima merupakan sasaran dari komunikasi, bisa terdiri dari seseorang atau beberapa orang atau suatu lembaga
e. Tujuan/Destination/Efect
Efek merupakan hasil dari suatu kegiatan komunikasi, merupakan tujuan dari para peserta di dalam proses komunikasi
f. Umpan Balik/Feedback
Feedback merupakan tanggapan atas pesan komunikan apabila tersampaikan atau disampaikan kepada komunikator
g. Gangguan/Noise
Gangguan
tak terncana yang terjadi dalam proses komunikasi sebagai akibat pesan
yang diterima komunikan berbeda dengan pesan yang disampaikan oleh
komunikator kepada komunikan.
Seperti perkuliahan yang terganggu akibat adanya bencana alam
Efek Komunikasi
• Kognisi dapat menimbulkan penambahan wawasan, pengetahuan
• Afeksi yakni dapat merubah sikap
• Psikomotorik merubah perubahan perilaku/perilaku baru
Bentuk-bentuk Komunikasi:
1. Interpersonal/tatap muka
- Informal
- Tanpa terencana
-
Efek yang ditimbulkan bisa ketiga-ketiganya (afeksi, kognisi,
psikomotorik), karena antara yang berkomunikasi terlibat dialog batin
face to face, langsung
2. Kelompok/group
- Jumlah lebih dari 2 orang. (Kelas (dosen & mahasiswa))
- Formal Terencana
3. Massa/mass
- Sekumpulan orang yang dimuat komunikator dan komunikan tidak mengenal
- Kumpulan orang-orang yang tidak sama latar belakangnya
cintoh Terjadi sebuah kecelakaan banyak orang berkumpul untuk melihat, ada banyak latar belakan orang yang berbeda-beda dll.
Hambatan komunikasi :
- Hambatan Fisik
Hambatan
fisik dapat mengganggu komunikasi yang efektif, cuaca gangguan alat
komunikasi, dan lain lain, misalnya: gangguan kesehatan akibat faktor
cuaca dan listrik padam.
- Hambatan Semantik.
Kata-kata yang
dipergunakan dalam komunikasi kadangkadang mempunyai arti mendua yang
berbeda, tidak jelas atau berbelit-belit antara pemberi pesan dan
penerima, dengan kata lain bahasa yang digunakan berbeda.
- Hambatan Psikologis
Hambatan
psikologis dan sosial kadang-kadang mengganggu komunikasi. Dalam
musibah ini komunikan masih trauma dengan musibah yang menimpa mereka.
Demikian lah beberapa ilmu yang saya dapat bagikan untuk publik
menggenai komunikasi semoga dapat dimenggerti dan dapat dipelajari. salam KOMUNIKASI
Comments
Post a Comment